Sepenggal Puisi

Sosial media saat ini selain dihebohkan tentang kisah si rendang yang ngak crispy juga ramai membahas tentang sepenggal puisi yang di bawakan oleh adik dari Ibu Mantan presiden kita di salah satu pagelaran busana perancang busana ternama Indonesia.

Ini adalah sepenggal kalimat dari puisi yang beliau bawakan,

Hasil gambar untuk puisi sukmawati

sda

boleh baca disini

Puisi Ibu Suk ini sebenarnya bagus kok, tapi lebih bagus lagi kalo mungkin kata2nya di gantikan dengan kata2 yang lebih variatif. Saya tauk ini dari teman juga kemarin sewaktu makan siang di kantin. Saya kaget juga mendengar hal macam begini sekaligus sedih. Saya memang bukan penganut agama muslim tapi keluarga saya, sahabat saya dan teman2 saya banyak yang muslim. selama ini kami bisa saja hidup saling menghargai keyakinan masing2.

Nitijen heboh banget nih di sosmed misuh2 ke beliau, saya paham sih mereka marah dan sedih tapi apakah perlu kita sampai melontarkan kata2 kasar seperti itu toh beliau juga sudah minta maaf. Saat ini semua pihak masih menunggu klarifikasi dari beliau, daripada misuh2 mending minum kopi yuk sama saya šŸ˜›

Nah karena berita si Ibu Suk ini lagi naik daun ada beberapa berita yang jadinya terlewatkan oleh masyarakat, salah satunya tumpahan minyak di Balikpapan tempat saya tinggal.. huhuhu

Kalo kalian nyimak berita kemarin ini sempat heboh banget bahkan sampai di liput di beberapa negara selain Indonesia, karena tumpahan minyak ini berakibat terbakarnya 1 kapal tengker penggangkut batu bara, 1 perahu nelayan (2 orang)Ā  juga 1 perahu pemancing (3 orang). Korbannya 5 orang dari kedua perahu itu dan 1 orang lagi luka bakar.

Hasil gambar untuk tumpahan minyak balikpapan

Hasil gambar untuk tumpahan minyak balikpapan

tumpahan minyak Balikpapan

Sabtu lalu memang Balikpapan tiba2 mendung gelap sekali dari yang tadinya panas terik, saya pikir oh mau hujan eh pas buka Hp saya baru tauk kalo ada kebakaran besar di laut karena ada oil spill. Berita masih simpang siur tentang dari mana datangnya si minyak, ada yang bilang dari kapal tengker atau dari pipa Pertmina yang ada di bawah laut.. tapi tadi malam Pertamina sudah menyatakan minyak tersebut dari pipa Pertamina yang bergeser di bawah laut. wew!!!

Salah seorang teman saya kemarin harus turun ke bawah laut untuk memperbaiki pipa yang katanya sudah pecah terbelah 2.. duh! salut bet gw sama lo, Ki!!

Akibat dari tumpahan minyak ini banyak banget loh.. antara lain tecemarnya ekosistem bawah laut Balikpapan, kami pun harus puasa ikan sampai beberapa waktu ke depan, udara yang jadi bau minyak yang mengakibatkan warga yang tinggal seputaran pantai harus menggunakan masker juga pantai yang jadi kotor kayak ketumpahan kopi…

Hasil gambar untuk tumpahan minyak balikpapanHasil gambar untuk tumpahan minyak balikpapan

ohiya, salah satu species ikan yang jadi icon Kaltim juga di temukan mati terdampar sehari setelah kejadian ini. duhh! sedih ya šŸ˜¦

Sudah beberapa hari ini Pertamina, Polri dan warga Balikpapan bergotong-royong untuk membersihkan tumpahan minyak ini. Semoga cepat bersih ya lautnya dan jadi bisa cepat makan ikan *nelangsaseafoodlover

dan juga semoga bangsa kita bisa hidup selaras lagi tanpa harus memojokan beberapa pihak. Kalo dulu kakek nenek kita bisa kenapa kita ngak šŸ™‚

Salam Damai! :*

Advertisement

30 thoughts on “Sepenggal Puisi

  1. Maya says:

    Tadi sepintas aku baca di twitter sih, puisi itu sebetulnya sudah dibukukan lama. Sejak tahun 1988 kalo aki ga salah baca. Hanya sekarang gimana ya, semua orang oversensitive sama agama.
    Serius deh, kita mesti lebih cool down. Apalagi kalo orangnya udah minta maag masih aja di maki2 bahkan diperkarain.

    Iya aku baca ttg minyak iti dr status temen di FB. Ngeri ya liat nya, kebayang berapa parah kerusakannya dan berapa lama waktu untuk recovery pantainya. Semoga bs ditangani dengan cepat

    Like

  2. maureenmoz says:

    waaah, aku sedih banget lihat berita2nya ttg minyak di balikpapan.. apalagi sampai ada korban nelayan dan ikan2 ya? semoga segera teratasi.. kalau di kalangan sesama di negeri seberang lebih riuh berita puisi daripada minyak.. sedih juga inih..

    Like

    • adelescarlet says:

      iyaa, huhuhu dan tenyata ada penyu jg šŸ˜¦ mungkin pas doi lewat eh ada tumpahan minyak.. ohya? soal si puisi jg sdh smpai ke sana ya.. luar biasa kekuatan nitijen hahaha

      Like

  3. maureenmoz says:

    gitu deh ya.. bisa ditebak juga yg mana reaksinya apa.. aku mute dulu aja sementara.. btw hari ini aku mantengin ig storynya (at)nisankubur.. aduh.. pantai minyaknya serem banget šŸ˜¦

    Like

  4. Miss Mae says:

    Oh gosh.. oil spill itu.. pas baca beritanya sediiiih banget. Kurang rusak apa lagi ekosistem laut kita šŸ˜­

    Soal puisi… udah pasti akan banyak yang tersinggung, sih. But I appreciate the sentiment. Religion is important, but Indonesia is more than just religion.

    Like

  5. asepsaiba says:

    eh, beneran loh saya juga taunya baru di blog ini..
    Waduh, semoga memang tidak disetting biar beritanya tenggelam ya.

    Semoga juga bisa tertangani dengan baik, terutama dampak terhadap lingkungan laut..

    Polusi tertimbun puisi… huhuhu..

    Salam kenal ya…

    Liked by 1 person

  6. adelinatampubolon says:

    soal puisi aku nga ngikutin berita, tiba2 di pidanakan aja nga tau cerita dan kelanjutannya gimana.

    Kalau minyak kebetulan banyak teman yang tinggal di Balikpapan nga ngirimin foto dan video. Asli ngenes lihatnya. Membuat bersih laut hbs tumpahan minyak butuh waktu bangat itu. hikkkssss.

    Liked by 1 person

  7. John says:

    Mungkin negara kita harus lebih toleran lagi terhadap hal2 yang menyangkut seni, karena seni itu memang harus diutarakan. Namun ya.. sekali lagi dalam segala hal pasti ada pro dan kontra

    Liked by 1 person

  8. donasoedarno says:

    Turut prihatin dengan ke 2 berita di atas..semoga ada jalan keluarnya yang terbaik untuk bangsa ini… saya sendiri jarang baca dan nonton atau denger berita… pdahal tinggalnya di Jakarta… saya lebih seneng baca-baca tulisan/postingan di WP deh.. jauh dari hoax… dan saya seneng juga dengan cerita2 dari teman2 penulis…salam kenal, keep inspiring others..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s