Joke or Harassment

Hasil gambar untuk joke pic

halo!! selamat berjumpa kembali,, maapkan saya baru bisa blog walking di minggu2 ini dan baru bisa ngepost lagi karena kemarin2 di sibukkan sama ujian skrispsi plus persiapan wisuda dan juga baru kembali dari liburan… padahal ngepost juga jarang2 ye.. hehe 😀

Pernah ngak sih ada orang yang bercanda sama kalian yang justru jatuhnya ngak lucu karena ternyata candaan mereka bikin kita ngak nyaman? Di sekeliling kita sering banget kejadian seperti ini entah dilakukan secara sengaja maupun tidak, aku pun sudah sering menerima candaan yang aku rasa itu candaan yang sedikit menyinggung perasaan aku dan juga sering melihat orang yang merasa tersinggung dengan candaan lawan bicaranya.

beberapa hal di bawah ini yang sering terjadi disekeliling aku dan bahkan kejadian ke aku juga.

01. Status

Status dalam hal ini dan sudah tidak asing lagi di telinga kita yaitu soal menikah di setiap acara2 baik keluarga ataupun hangout dengan beberapa teman pasti ada saja  candaan “kapan nikah?”. Padahal untuk beberapa orang hal tersebut sangat sensitif. Sekalipun terdengar seperti bercanda, tetapi bisa membuat orang jadi malas untuk kembali bertemu dan berkumpul selanjutnya.

02. Umur

untuk sebagian orang juga hal ini akan menjadi sangat sensitif karena terkadang dari beberapa pihak setelah menanyakan umur orang tersebut akan di iringi dengan candaan “wah, sudah umur segitu kok belum menikah” atau “serius kamu baru umur segitu, kok muka kamu tua”… minta ditimpuk banget kan!

03. Berat badan

Hal ini amat sangat sensitif bagi seorang Perempuan! CATAT!!!! dan hal ini nih sering terjadi sama saya. Ok saya akuin badan saya tidak setipis kertas dan tidak seringan bulu tapi bukan berarti itu bisa dijadikan bahan candaan. saya pernah dikatain badak, gajah,bahkan GENDUT hanya karena badan saya curvy. Saya ngak mau ambil pusing tapi terkadang saya merasa candaan mereka sudah kelewat batas.

04. Body part

Sebenarnya ada beberapa point dalam body part ini, hanya saya bahas yang sering saya liat dan alami yaitu, maap kata.. bagian dada perempuan. Entah itu terlalu kebesaran atau terlalu kekecilan. Dada bisa jadi bagian tubuh paling sensitif jika dijadikan bercandaan para cowok ataupun para cewek sendiri. “dada kamu besar makanya pacar/suami kamu betah”, “udahlah, kamu modal dada aja bule doyan kok” atau”ih kok dada kamu kecil, emang bisa nyusuin anak kalo dada kamu kecil?”. Bagi setiap wanita bagian tubuh tersebut merupakan salah satu bagian tubuh yang dilindungi dan saya rasa itu bukan hal yang patut dijadikan bahan candaan.

Siapa sih yang ngak suka bercanda, semua orang pasti suka bercanda dan candaan itu juga yang bisa mencairkan suasana. Hanya bercanda itu ada batasnya dan jangan sampai candaan kita jatuhnya bisa membully orang lain. ohya, perlu diingat juga yang kalian ajak bercanda itu orang bukan patung yang mati rasa, mereka punya perasaan bahkan saya sendiri kadang2 jadi minder setelah dengar candaan seperti itu.

Awalnya sempat bingung hal diatas termasuk dalam harassment atau abuse, ternyata setelah baca dari berbagai sumber dan sharing ke beberapa pihak hal itu temasuk dalam harassment karena hal tersebut membuat lawan bicara merasa tergganggu, stress dan hilangnya rasa percaya diri, sedangkan kalo abuse sendiri artinya melakukan sesuatu yang tidak sesuai dari yang seharusnya (koreksi aku kalo salah ya)..

hmmm, ada ngak ya hukum buat harrasment itu sendiri??