Trip To Makassar – Lae Lae Island

IMG_3494

Perjalanan saya ke Makassar tidak berhenti di Tanjung Bira saja (Baca Trip To Makassar – Tanjung Bira (1)Trip To Makassar – Tanjung Bira (2) ). saya juga mengesplore beberapa tempat di Makassar yang akan saya posting di cerita2 saya selanjutnya.

kali ini saya mau ngebahas perjalanan saya ke Lae-Lae Island yg letaknya tepat di sebrang Pantai Losari. setahu saya ada beberapa pulau yg letaknya ada di sebrang Pantai Losari ini, yaitu Pulau Kayangan, Lae-lae Island & Samalona Island. dengar2 sih Samalona Island ini versi kecil dari Tanjung Bira, cuma sudah ngak sebagus Bira. hueheheh…

awalnya kami mau pergi ke Samalona setelah nanya2 harga boat kesana lumayan mahal 500rb/boat. kenapa kita bilang mahal karena kita niat kesana cuma buat jalan2 menuntaskan hasrat saya dari 6 tahun yg lalu untuk pergi ke salah satu pulau yg ada di sebrang Losari & foto2. klo buat Snorkeling saya mending balik ke Bira lagi deh… gagal move on dari Bira ih!.

IMG_3415

Lae – Lae Island

kalo mau ke Lae-Lae Island sewa boatnya cukup murah, 100rb/boat sudah pulang pergi. perjalanan yg di tempuh cuma ±15menit.

IMG_3414

Makassar, 19 Maret 2016. 12.39 Wita.

IMG_3407

Yordan, Tasya, Roby, Desty & Me

Jetty untuk menuju pulau2 itu letaknya ada di sebrang jalan benteng Fort Roterrdam dan YAP! kita ke pulau ini siang2 waktu matahari lagi semangat2nya besinar. jiwa anak bolangnya keluar!

IMG_3422

Welcome to Lae-Lae Island

dari yg saya baca di Mbah Google sih konon katanya di pulau ini terdapat pula situs sejarah peninggalan perang, sebuah terowongan bawah tanah. yang katanya terhubung dengan benteng kota Makassar/Fordrotherdam. Tapi karena kurangnya perhatian dari dinas terkait dan warga setempat, jalan masuk terowongan tersebut sudah tertutup sampah. yah… sayang banget yak 😦

IMG_3486

banyak sampah bertebaran 😦 . Save the beach please!

IMG_3424

Biarpun pasirnya ngak seputih bira saya tetap suka pantai ini, gradasi warnanya pun tetap eksotis.

IMG_3482

Sisi Selatan Lae-Lae Island

setelah tanya kebeberapa penduduk Makassar terkait maksud dari nama Lae-Lae, katanya dulu ada kapal yg bemuatan orang Chinese yg mendarat di sini. mereka berteriak “lae-lae” yg artinya ke sini. semenjak itulah nama pulai ini Lae-Lae.

IMG_3448IMG_3454

ini adalah salah satu cafe yg saya datangi di pulau Lae-Lae ini & yg bikin saya tertarik yaitu ornamen batu yg di gantung pada cafe ini. unik!!. di sini juga ada semacam rumah pohonnya, sayangnya saya ngak bisa naik karena di atas sudah ada anak2 penduduk sekitar yg lagi santai di sana.

IMG_3501

nyantai dulu sambil menikamti angin sepoy2 pantai di iring alunan gitar akustik dari anak2 yg ada di rumah pohon. kalau malam cafe ini biasanya ramai sama anak2 muda yg mau menikamati musik akustik regee.

IMG_3518

sekitar pukul setengah 3 siang & dengan perut keroncongan kita kembali ke Makassar untuk nyari makan siang. saya di bawa mereka untuk nyobain rumah makan yg cukup terkenal di dekat Pantai Losari, Rumah Makan sentosa.

di sini harganya lumayan terjangkau dan untuk porsisnya ngak usah di tanya, porsi kuli alias buanyakk banget. saya ngak lupa buat nyobain pisang ijo makanan khas Makassar, biarpun di Balikpapan banyak tetap aja rasanya beda.

itu cerita saya soal trip ke Lae-Lae Island. Dan sebagai penyuka pantai saya harap semoga aja Lae-Lae Island bisa cepat bebas dari sampah, jadi anak cucu penerus kita bisa menikamati juga keindahan alam Indonesia.

Pulau Lae-lae

Dicapai dengan perahu melalui Pantai Losari Makassar,
Sulawesi Selatan
GPS: -5.135997, 119.3910831

8 thoughts on “Trip To Makassar – Lae Lae Island

  1. denaldd says:

    Kalau baca Lae Lae ini aku selalu ingat rumah makan Lae Lae yang dekat Somba Opu. Seafoodnya juaraaa dan harganya murah. Suka sama tumis kangkungnya. Aku dulu selalu berkeinginan nyebrang ke pulau lho dari depan benteng Rotterdam. Katanya ada pulau yang isinya bunga bagus2. Tapi ga kejadian mulu. Dulu soalnya sering ditugaskan ke Makassar, jadi daerah jajahan deh.

    Like

    • adelescarlet says:

      ah ya katanya emg di situ enak, cuma kemaren gk sempat nyobain dsna 😦
      ayoo mbak Deny jalan2 lagi ke Makassar trs nyempetin buat nyebrang dari depan Rotterdam atau nyobain ke Tanjung Bira

      Like

  2. maureenmoz says:

    aduh maxi dressnya cantik… itu katun adem ala baju bali bukan ya??? eits yg pake juga… pemandangannya apalagi… (O.O)

    ini mengingatkan cita2 mau ke makassar… one day… one day…

    Like

Leave a Reply

