Apa itu HIV/AIDS?

aids-hiv-stop-1

Dalam rangka memperingati hari AIDS yang jatuh di tanggal 1 Desember kamarin, hari ini di kantor melakasanakan test HIV/AIDS. Saya jadi tertarik buat nulis tentang HIV/AIDS. Semoga bermanfaat 🙂

HIV: Human immunodeficiency virus adalah virus yang memperlemah kekebalan pada tubuh manusia. Orang yang terkena virus ini akan menjadi rentan terhadap infeksi oportunistik ataupun mudah terkena tumor. Meskipun penanganan yang telah ada dapat memperlambat laju perkembangan virus, namun penyakit ini belum benar-benar bisa disembuhkan.

AIDS: Acquired immune deficiency syndrome adalah sekumpulan gejala dan infeksi (atau: sindrom) yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV.

Berikut ini adalah beberapa cara penyebaran HIV lainnya:

  • Melalui hubungan seks yang tidak aman.
  • Bergantian jarum suntik saat menggunakan narkotika
  • Penularan dari ibu kepada bayi pada masa kehamilan, ketika melahirkan atau menyusui.
  • Melalu seks oral.
  • Melalui transfusi darah dari orang yang terinfeksi.
  • Memakai jarum, suntikan dan perlengkapan menyuntik lain yang sudah terkontaminasi, misalnya spon dan kain pembersihnya.

Satu-satunya cara untuk mengetahuinya apakah kita terkena HIV/AIDS adalah dengan melakukan tes HIV yang disertai konseling. Segeralah mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat (klinik VCT) untuk tes HIV. Dengan tes ini akan diketahui hasil diagnosis HIV pada tubuh Anda.

Layanan tes HIV dan konseling ini disebut sebagai VCT (Voluntary Counseling and Testing) atau KTS (Konseling dan Tes HIV Sukarela). Tes ini bersifat sukarela dan rahasia. Sebelum melakukan tes, konseling diberikan terlebih dahulu. Konseling bertujuan untuk mengetahui tingkat risiko infeksi dan juga pola hidup keseharian. Setelah tahap ini, dibahaslah cara menghadapi hasil tes HIV.

Tes HIV biasanya berupa tes darah untuk memastikan adanya antibodi terhadap HIV di dalam sampel darah. Antibodi adalah protein yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh untuk menyerang kuman atau bakteri tertentu.

image

Yeay! Berhasil juga ikut test HIV/AIDS (Perang batin karena takut jarum suntik)

Bagaimana cara pencegahan HIV/AIDS??

A = Abstinence (Tidak berhubungan seks di luar nikah).

B = Be Faithful (Setia pada pasangan).

C = Condom (Gunakan kondom secara bijak).

D = Don’t use drugs (Jauhi narkoba & tidak menggunakan jarum suntik bergantian)

Pesan yang saya dapat hari ini jangan men-judge mereka yang terkena HIV/AIDS karena tidak semua yang terkena virus ini karena mereka “nakal” ada juga dari mereka yang korban atau kurang mengetahui bagaimana cara penularan.

HIV1

Please be smart before you judge.

Melakukan test ini bukan berarti kamu terkena virus HIV/AIDS, tapi untuk mengetahui apakah ada virus tersebut di dalam tubuh kita agar dapat dilakukan penanganan yang tepat apabila memang kita tejangkit.

ayo, kita sama-sama melakukan test agar tidak terlambat dan menyesal di kemudian hari 🙂 🙂

 

Advertisements

2 thoughts on “Apa itu HIV/AIDS?

  1. Binibule.com [Tjetje] says:

    Orang nakal pun tak boleh dihakimi, karena itu kan tubuh mereka kok kita yang ngurusi. Cuma Tuhan yang punya peran untuk menghakimi orang lain.

    Perlu dicatat juga bahwa pertumbuhan HIV/AIDS tertinggi di Indonesia itu terjadi pada ibu rumah tangga, karena bapak-bapak hobi bawa oleh-oleh 😦

    Like

    • adelescarlet says:

      Setuju bgt mbak!!! Belum tentu kita pun lebih baik dr org lain. Jadi mnding urus diri masing”…

      Iya kemarin itu pembicaranya sempat cerita soal ibu rumah tangga yg trkena virus ini, setelah di selidiki eh trnyata sih bapak yg bawa 😦 😦
      Semoga di tahun” ini dn kedepannya Indonesia bisa mengurangi virus ini. PR bgt buat pemerintah dan kita” yg sdh lbh mengerti untk memberikan pengertian ke org” mengenai virus ini. So, mrk bisa lebih aware lagi.

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s